top of page
Stay In The Know:

Sampah dan Ijo-ijo


Hola!!!! It's been a long time i didn't write something in this blog. Akhir-akhir ini ulangan dan pr jadi sebajek, entah yang ulangan beneran maupun ulangan mendadak udah bikin kepala puyeng duluan. Tapi, santai-santai, yang penting hari ini libur. Yeay!!

Karena aku suka muter-muter waktu liburan, (what i mean is going around Magelang) aku jadi tau hal-hal apa yang terjadi. Terutama kebiasaan masyarakat yang nyatanya masih suka buang sampah sembarangan. Gila!!! Ini udah ada MEA Bro!!, udah ada mesin yang bisa buat burgernya, nonton 3D tinggal pake virtual reality, tapi ada aja yang masih punya pola pikir zaman purba.

Seharusnya kita itu sadar. Kalau sampah yang kita buang sembarangan terutama di sungai bisa berakibat fatal buat kedepannya. Gak jarang setiap pagi, aku selalu lihat tetangga yang ngebuang sampah di sungai dengan wajah tidak bersalah, ngeselin banget kan. Gak jarang juga anak sekolah di angkot yang seenaknya buang sampah di jalan.

Kita itu berlomba-lomba buat ngejar pendidikan yang tinggi, tapi buat apa kalau masalah kecil sampah aja masih obrak-abrik.

Emang sebegitu bahayanya ya buang sampah? Emang bener,masalah buang sampah sembarangan itu gak sebesar masalah koruptor-koruptor ulung. Tapi attitude nya itu loooooooo. Gimana mau bisa kayak negara maju kalo masalah yang kecilnya segini aja masih menjamur???

 

Ganti topik nih ganti topik......... sekarang emang udah berubah. Yang dulunya sawah terhampar luas udah jadi bangunan megah, mall, toko, dan pabrik. Jujur aku rada sedih. Soalnya, ijo-ijo yang begituan itu tempat aku ngilangin jenuh setelah beberapa hari sibuk urusan dunia. Kemana lagi harus refreshing irit kalo kayak gini??

Source : https://www.nissanphotocontest.com

Mmmmm.... emang bener sih, ngebangun bangunan di lahan-lahan ijo itu gak salah. Tapi aku jadi khawatir gimana kalau beberapa tahun ke depan sawah-sawah udah terdogma menjadi rumah??? Dimana lagi petani bisa kerja? Dan yang paling penting, kita sebagai masyarakat Indonesia udah kehilangan ciri khas bangsanya yang identik sama hal yang ijo-ijo. Kalo ngedenger para pejabat punya banyak rumah, aku jadi enek sendiri. Ngapain mereka bangun rumah banyak-banyak? Masih mending kalo dibuat bangun panti asuhan, tapi nyatanya enggak kan?? Toh rumah yang buat rumah beneran cuman satu. Yang lainnya?? Nganggur, kosong, gak terawat. Emang dibuat apa sih? Buat nginep waktu ke daerah situ?? Ya menurutku percuma aja kalau rumah yang udah mencapai milyaran cuman dibuat nginep yang dipake beberapa hari aja. Buat investasi?? Yaelah duitlo udah banyak. Masih kurang juga?? Ya mungkin itu memang essential nya manusia yang gak pernah puas.

Ngomongin nggak pernah puas. Aku jadi mikir kalo nggak pernah puas sama hal yang berbau pendidikan? justru malah positif donk. Jadi, gak pernah puas itu gak selamanya identik sama hal negatif. Asal juga gak pernah puasnya sama hal-hal yang bersifat positif.

Tapi, menurutku phrase"Gak cepat puas" would mean something humanity. Because what?? Menurutku, "Gak pernah puas" itu kedengerannya kayak orang serakah, iya gak sih? Orang gak pernah ngerasain puas sedikitpun dan hidupnya dipenuhi sama timeline, kerjaan, intinya gak ada yang namanya orang itu bersyukur.

Beda banget sama "Gak cepet puas" kedengerannya lebih menggugah hati. Dimana kita tetep mengalami yang namanya kerja keras sekuat tenaga dan di suatu waktu kita juga bisa leyeh-leyeh sebentar ngenikmati apa yang kita perjuangin. So... disitu kita ngerasa bersyukur dan ngerasa cukup.


bottom of page