top of page
Stay In The Know:

Jalan-Jalan Ria!!!! (Eps. Grenden)


Hari ini aku jalan-jalan sama mama. Seperti hari Minggu biasanya, kami goncengan naik motor buat pergi nge-trip. Trip kali ini, aku mampir ke Grenden. Mana sih itu???? Grenden itu letaknya di desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kab. Magelang. Buat ancer-ancer, kawasan ini deket banget sama Top Selfie. At least, Isinya juga sejenis, yaitu pohon pinus. Yang ngebedain ya pernak-perniknya aja. Grenden emang terhitung baru walaupun sebenarnya udah lama muncul juga. Loh??? gimana to gimana??? Hehehehe. Soalnya, Kalau diitung-itung Top Selfie udah muncul lebih dulu, jauh sebelum ada Grenden. So, banyak yang belum familiar sama wisata ini.

In fact, aku udah pernah kesini sebelumnya. Tapi, karena panggilan jiwa, kuserahkan raga ini saja padamu (Wuezzzz). Hehehehe engak-engggak. Sebenarnya ada spot baru disini yang enggak ada waktu aku main pertama kali ke situ. Namanya rumah kurcaci. Bener juga ternyata rumahnya cebol-cebol ( Even if the house is still higher than me

--'')

Jalur masuk ke Grenden agak ngeri. Because what??? Jalannya dari batu dan nanjak men!!!! Motor jadi kayak gak terkendali soalnya geyal-geyol sendiri. Tapi, karena mama udah berguru sama Rossi, It doesn't matter anymore. Yaelah gaya banget. Sebenernya gak gitu ceritanya. Dari awal tanjakan, motor udah gak kuat, so, jalannya pelan-pelan banget. Bapak-bapak sampe ngeliatin sambil nahan ketawa. Yaaaaa finally kami juga ikut ketawa. Aneh juga sih ngeliatnya. Motor lain yang barengan kok bisa lancar jaya???? Dan tetep masih bisa ngebut. Nah brati gini, emang motor kami yang bermasalah. Hehehehe. So, buat kamu yang mau ke sini gak perlu takut. Walaupun nanjak dan berbatu, kamu tetep bisa lolos asal motormu sehat. Fyi, jalannya gak full berbatu. Cuman setengah perjalanan aja.

Setelah melewati perjalanan masuk, kami disambut sama bapak karcis. Bayarnya cuman delapan ribu buat dua orang. Tempat parkirnya luas. So, bisa pilih kemanapun motor akan berteduh.

Ada dua jalan utama di Grenden. Jalan yang ke kiri bakal membawa kita ke banyak pohon pinus yang tertata rapi di lahan miring. Cocok banget buat jadi spot foto.

Jalan ke kanan ngebawa kita ke atas Grenden yang dipenuhi sama tempat duduk bambu dan ayunan bambu. Di Grenden bagian bawah, ada rumah kurcaci yang juga terbuat dari bambu. Semuanya serba bambu ya.....

Oh iya.... Grenden juga ada gardu pandangnya lo..... Dua di bagian atas grenden dan yang satu ada di deketnya rumah kurcaci. Seru sebenernya. Tapi, agak ngeri juga sih. Soalnya, letaknya di deket jurang. Tapi, rasa maneman udah jauh-jauh dateng kesitu, membuat jiwa ini memberanikan diri buat ke gardu pandang. Wow!!!!!!Ternyata gak cuman rumah kurcaci yang baru. Ada flying fox yang juga gak aku temuin pertama kali kesini. Kayaknya seru juga dan recommended buat dicoba.

Toilet ada banyak disini. So, kamu gak perlu khawatir kalo udah ada panggilan alam. Buat yang laper juga ada banyak orang-orang sekitar Granden yang jualan disitu, tempat sampah dimana-mana, ada tempat juga buat berteduh kalau-kalau hujan. Untuk mushola, gak ada. Tapi adanya di perkampungan di bawah Grenden dan itu gak jauh-jauh amat. So, gak bakal ada problem disini deh!!!

Yang buat seru bukan cuman Grendennya. Tapi, perjalanan ke sini bakal bisa buat kamu fit in with nature. Soalnya, kalau cuaca cerah, kamu bakalan bisa ngeliat Gunung Merbabu tepat di depan mata. Gak cuman itu!!! Jalan di kanan kiri bakalan dipenuhi sama daerah persawahan maupun perkebunan. Selama perjalanan, kami juga sering banget ketemu sama warga yang gak sungkan buat ngajak senyum. Keharmonisan seperti tercipta di sini.

Bahkan terjadi percakapan yang gak aku sangka-sangka.

Me : Monggoh Buk (Permisi Bu)

Ibuk : Inggih mbak... Monggo pinarak (Iya, mampir dulu Mbak)

Ada juga yang.....

Me: Nyuwun sewu Pak.... (Permisi Pak)

Bapak: Inggih.... Atos-atos (Iya dik... Hati-hati di jalan)

Walaupun kita gak kenal satu sama lain, keramah-tahaman tetep berasa banget. Emang Indonesia itu indah ya......


bottom of page