top of page
Stay In The Know:

Talking about 90s with the EXPERT!!!

Wih gila!!! Semenjak ndengerin coveran nya Kala Cinta Menggoda dari The Macarons Project, gue ketagihan sama yang namanya 90s. Akhirnya, gue searching all about 90s. Ngomong-ngomong nih, gue gak bisa kalo cuman dapet info dari google. Terkesan gak real. Apalagi buat level blog rsekarayuk ini. Beuhh... wkwkkw. Akhirnya gue mutusin buat wawancara someone yang punya bukti nyata berjalannya tahun 90an. Jreng Jreng Jreng... Siapakah itu??? Yang satu ini jelas expert pada zamannya. Gue ngewawancara dia pake fee papan atas bro!!! Dan inilah dia!!! MIMI gue!!! Emang, gue suka rada gak mutu. Tapi bener khan? khan?? Buat mimi, tahun 90 an bisa dibilang jadi masa-masa unforgettable moment. Soalnya waktu itu mama masih jadi remaja gaol. Kalo sekarang bisa aja mama disebut mba-mba hitz. Wkkkkkwkwkw. Noh buktinya!!!

Mama yang mana hayo?

Gal gadot (re:gue)="Mah, waktu dulu yang pernah nge hits apa si?"

Nicky Astria (re:mama) = "Duh apa ya, maksute Yuk?"

Biar lebih dramatis jadi gini :

Gal gadot = "Ya, gini Mbak Nicky, kalo sekarang contohnya pernah ada tu kan spinner, terus pokemon, om telolet, dll"

Nicky Astria : " Duh ya apa ya. Saya lupa e. Maaf ya mbak Gal, eh Dot, eh Ga"

Sangat unfaedah ya pertanyaan ini. Akhirnya gue juga gak dapet jawabannya. Honestly rada nyesel nanyanya sih. Tapi gini, kalo dipikir-pikir, 90s itu belum ada yang namanya kekinian, khan??? Nah terus mana ada yang namanya nge Hitz nge Hitz. Paling adanya lagu hitz 90s. Bentar, gue belum mau ngebahas lagu. Itu mah urusan nanti.

Akhirnya gue tanya bab lain, kayak :

1. Fashion

Kalo gue perhatiiin, kaum millennial itu selera fashionnya justru pada balik ke 90s. Khasnya itu, ada celana baggy jeans (yang bawahnya nekuk dan gak metet), terus pake baju kaos/ kemeja yang dimasukkin ke baggy nya itu. Tambah percantik kemeja semacem flanel yang ditali di pundak. This part of fashion was what my mama wore in that picture. Terus, ada juga pake jaket denim. Pake rompi yang ala-ala dan dalemnya rangkepan kaos (dipake temennya, Tante Afah)

Kalo gini udah kayak cover majalah Vogue ga? xD Btw itu foto pas study tour SMA ke Bali

2. Elektronik

Kata mama gue, dulu udah pada punya TV. Tapi, yang populer justru radio. Soalnya dulu di radio ada drama mak lampir sama trinil(tapi kayaknya lebih ke 80s sih). Ngakak juga ndengernya wkwkkkwkw. Gue jadi penasaran sama siarannya. Pingin searching, tapi kok lagi sendiri. Kan serem ah.

Terus buat masalah hp, waktu itu pertama kali masuk tu tahun 1995. Namanya siemens s4 power. Terus katanya mama, dulu babe gue punya hp itu. Langsung deh wawancara sama pipi. Eh tadi babe sekarang pipi. Biarin yha. Terus ini nih si hengpon jadoel ala lambe turah xD si siemens s4 power.

Nah tapi kan namanya hp yang baru pertama kali muncul, gak semuanya pada langsung punya. Jadinya tetep masih pada gunain pos, surat-menyurat gitu. Dulu emang rada susah sih. Gak kayak sekarang, temen TK aja mungkin tetep bisa contact-contact an gitu. Kalau lagi liat album gitu, mama kan sering nunjukin foto temen-temenya dan nyeritain kayak one by one person di situ wkwkkww. Gak jarang banget denger "Ini ni temennya mama udah hilang contact, gak ada yang tau kabarnya" tapi, dengan kecanggihan zaman millennial ini... wadeuh... gak jarang, mama sama babe nemuin temen-temenya di FB. Ngeliatnya jadi suka alay sih. Comment-comment an di FB gitu. Ah udahlah jadi geli gue.

3. Lagu

Jujur, gue berterimakasih banget sama The Macarons Project. Berkat mereka, gue jadi kepo dan akhirnya know more about 90s. Especially lagunya. Nah gue kasih recomended lagu yang dua mingguan ini selalu gue puter. Tiap hari. Tiap gabut. Tiap sepi chat. dll. Ada juga yang baru searching tadi pagi dan langsung jatuh cinta. Sehingga, gue pun menyiapkan strategi untuk segera nyari free wifi spot buat ngedownload.

1. Jelas. Kala Cinta Menggoda- Chrisye

Recommended banget ndengerin coverannya(*) The Macarons Project. Langsung aja cari channelnya di Utube)

2. Cintaku - Chrisye. Yang satu ini dah sering banget dinyanyiin di nikahan sih. Gue belum nikah tapi.

3.Paseban Cafe- Dian PP

(*)Isyana. Meleleh. Dian PP emang Jazzy gitu lagu-lagunya.

3. Biru- Dian PP

(*)Angel Pieters.

4.Antara Kita - Fariz RM

(*)Tuffa. Btw, ini lagu dinyanyiin Fariz RM tapi ciptaanya Sammy Paitam.

5. Kurnia dan Pesona - Fariz RM

*Citra Scholastika

6. Barcelona - Fariz RM

*Maliq & D' Essential. Mantap gan!!!

7. Inikah Cinta - ME

Buat yang ini udah banyak buanget yang cover. Tapi, gue pribadi suka versi nya STEREO.

8. Gadis Malam - Java Jive

Jatuh hati ndengerinnya pas di Music Everywhere.

9. Kau Yang Terindah - Java Jive

Setiap saat setiap waktu

Ku ingin berjumpa

10. Gerangan Cinta - Java Jive

Java jive emang juara :" Suaranya Om Danny sama Fatur tu bikin melting dan nyatu gitu lah intinya. Buat list Java Jive ini, for the better quality gue saranin semuanya ngedengerin di Music Everywhere.

11. Cantik - Kahitna

12. You - Ten 2 Five

Hehe. Sebenernya, ten 2 five itu tahun 2000an awal gitu. Tapi, gue lagi suka-sukanya sama tu lagu. Gue masukin di list aja ya. Itung-itung bonus.

Menurut gue lagu-lagu itu pas banget buat lo yang mau turn back to 90s. Buat list 3-6, gue terima kasih banget sama Om Seno M. Hardjo yang udah ngegarap album "Fariz RM & Dian PP in Collaboration With" Jadi gini, waktu itu kan gue beli di K*C tu kalo gak salah pas kelas 9 SMP brati 1,5 tahun an lalu. Ah mending gak usah di sensor kali yak. Blak-blakan aja deh. KFC!!! Nah gue dapet kaset gitu. Itu dia kasetnya. Seketika gue dengerin, beuhhhh :'' langsung gedebrak cinta(maksutnya jatuh tjinta). Tapi kan waktu itu gue belum ngeh bab 90s dan sekadar tau kalo itu lagu jadul.

Oh iya. Mau tanya. Apa cuman gue di sini, yang kalo misal addicted in something ujug-ujug, wah wah, maksutnya tiba-tiba ada aja yang muncul dari something itu. Wah mulai bingung. Gini lo gini, gue kan lagi suka dengerin lagunya Chrisye. Tiba-tiba aja ada film biografinya Chrisye yang bakal coming soon in December. Tapi itu bukan satu-satunya moment "the arisen of something i am addicted in" pokoknya "selalu saja engkau begitu" hayo.. bacanya pake nada donk.... nada apa hayo??? wkwkkwkw xD dah ah.

4. Lain-lainnya Bab 90s

Dulu, naik gunung belum nge tren. Tapi, ternyata mama gue udah nahlukin Sindoro dan Ungaran. Joss banget Mimi Lina. ehehehe. Udah cantik, putih seperti cik cino, manis, baik hati, tidak sombong, mmm ++ pokoknya. *cough* kok kayaknya Bromo bagus ya mi *cough*

Btw itu bukan di Sindoro maupun Ungaran. Tapi, gedong songo xD

Gue lupa ngefoto. Padahal, fun fact nya, mama gue ke gunung Sindoro pake SENDAL JEPIT :''

Btw gue punya tambahan ni

Foto itu, punya memori kisah cinta mimi pipi wkwkkw. Jadi begindang, di foto yang paling atas itu, ada cetakan wajah mimi, pipi, dan mantannya pipi :'' wkwkwk. Tebak pipi gue yang mana? Cari deh yang mirip-mirip gue. Walaupun, suka masih gak terima kalo dibilang lebih mirip pipi, tapi gue ngerti kenyataannya yang sebenernya. Pipi gue yang jongkok di tengah. Bukan cowok yang pinggir. Mimi gue tepat di belakangnya pipi, duduk tengah warna item bajunya. Waktu itu, pipi lagi pacaran sama Tante Afah yang tadi juga ada di foto bab fashion atas dan juga pas pake seragam xD wkwkwk. Tante Afah kalo di situ ada di sebelahnya pipi tu wkwkwkwk.... Tapi gue kagumnya, mereka itu nerima takdir gitoeh.. So, till this time, mereka masih contact an dan kemarin idul fitri, kita main ke rumahnya Tante Afah.Awwwwwww

Zaman 90an udah ada kamera. Bener!! Kamera analog. Harus nyetak pake roll film. Kalo sekarang kan nyebut air minum botolan segala jenisnya juga tetep Aqua. Kalo dulu, nyebut kamera itu kodak. And u know lah, kamera analog habis ngejepret juga gak bisa liat hasilnya. So, bisa dilihat, foto di atas yang paling bawah kepalanya kepotong gitu :" Tapi, eksistensi kamera analog gak berhenti di situ aja. Zaman millennial juga banyak yang tergila-gila buat mbalik ke kamera ini. Walaupun nyetak roll film nya ribet, tapi emang bener sih kerasa lebih nyeni gitu.

Btw di foto bawahnya, gue suka sama gayanya mimi :" why were u so stylist mom? eheheh. Ngerih gitu, pake kaca mata segala. Untung gak kaca mata renang. ehehehe. Kok kayak Nike Ardila yha...


bottom of page