top of page
Stay In The Know:

I'm in Netherlands

Kemaren Minggu gue ikut ortu ke Semarang buat reuni, soalnya gue bingung mau ngapain di rumah sendiri. Tu kan salah siapa gak ada yang ngajak main. Nah terus, gue request gitu buat main dulu ke Kota Lama, walaupun sebenernya udah ke sono dua kali. Honestly gue bingung mau nyeritain bab sejarah apa disini. Soalnya gue gak ahli. Yaudah deh gue critain crita gue pas ke sana aja ya. Kan udah kemaren, jadi termasuk sejarah, ea ngga?

Backgroundnya Pabrik Rokok Praoe Lajar

Buat lo yang lagi di Semarang apalagi lagi backpackeran, wajib banget ke sini. Soalnya, gratis. Hehe. Gak cuman itu sih, the main point is lo bisa ngerasain little vibe pas jaman Belanda gitu. Old city ini juga cocok banget buat hunfot foto-foto vintage.

How I get there?? Pipi mimi udah apal jalan Semarang. Tapi buat lo yang mau ke sini, jelas di google Map udah ada. Aksesnya ke situ so easy. Soalnya letaknya juga di deket Stasiun Tawang sama Pasar Johar. Naik BRT juga recommended banget. Apalagi buat lo yang pingin ngrasain gimana rasanya jadi orang Semarang itoeh. Eh alay ni alay. Btw kalo naik BRT, menurut searching an gue itu bisa pake koridor 2( Terboyo - Terminal Sisemut/Ungaran) sama 4 (Terminal Cangkiran - Bandara Ahmad Yani - Stasiun Tawang)

Kalau naik mobil sama motor gak usah bingung parkir dimana. Soalnya udah ada tempat parkir banyak di sana. Tapi waktu kemaren Minggu kan datengnya ke sana tu pagi-pagi bener, ya sekitar jam 6an. Terus di tempat yang biasanya buat parkir malah sekarang ditanemin pohon-pohon. Jadi bingung deh parkir dimana. Bapak parkirnya juga belum ada. Mungkin masih mandi. Akhirnya parkir di sampingnya Gereja Blenduk.

The first photo di sampingnya Gereja Blenduk. Untung orangnya gak mblenduk

Kan tadi gue bilang kalo udah kesini 2 kali. Pertama kali ke sini itu siang. And u know lah Semarang puanasnya kayak gimana. Lightingnya buat foto menurut gue juga kurang bagus. Soalnya terlalu mencorong. Kali kedua, waktu malem. Nah gue baru ngerasa kayak bener-bener di Old City. Soalnya banyak yang jual berderet-deret barang antik gitu. Vintage banget pokoknya!!! Terus tempat makannya semacem restaurant sama cafe juga pada buka. Di bagian semacem tamannya tu juga banyak kelap-kelip lampu gitu dan banyak atribut eh apa ya istilahnya, intinya kayak banyak spot sepeda ontel sama becak + topi-topi yang bayar seikhlasnya. Sayangnya, kalo malem kan gelap. So, buat foto-foto di bangunannya juga gak keliatan :"" Nah kalo pagi kemaren. Bagus emang, masih sepi orang. Sayangnya, yang jualan barang kuno belum buka, jadi kurang sah gitu. Terus, yang jual makan juga masih closed. Tapi gue kemaren liat ada cafe 24 jam. Jadi tetep no worry kalo pas haus.

Nah dari those experiences, jam 4an sore buat ke sana itu pas. Soalnya kalo foto, bangunannya juga keliatan. Kalo kata expert, dan emang bener sih, lighting di jam ini tu juga bagus, gak terlalu mencorong dan ga terlalu redup. Habis selesai hunfot dan pas hari mulai gelap, langsung aja mampir ke loakan, makan, duduk-duduk di taman juga bole.

Di old city juga ada 3D Trick Art Museum. Jujur gue belum pernah masuk sana soalnya mehong. Hehehehe. Tapi kalo dah jauh-jauh ke sini masak gak masuk sini. Belum syah. Dan pasti ada harga ada kualitas donk ya. Kreatifitas emang mahal harganya.

Udah sanghar belum?

Sayangnya, sebel juga ngeliatnya ah. Vandalismenya tu awur-awuran. Mungkin mereka ga mikir kalo Old City tu sebenernya harta karun, iya ga si? Kalo diperhatiin. Cie minta diperhatiin. Di jendelanya foto atas ada oret-oretan gak worth it banget gitu.

Eh apa noh?

Gak cuman itu, dibalik ke-vintage-annya, juga rada risih. Soalnya di beberapa spot gitu bau pesing. Nah ini nih harusnya juga ada penjagaan. Soalnya kan Old City itu di ruang terbuka, cakupannya juga luas, sembarangan orang juga bisa masuk. So, ya butuh dipekain lagi lah bangunnanya.

Azekk. Foto di spot Hitsnya Old City

Sayang disayang lagi, banyak banget bangunan yang udah rusak parah. Gue gak ngerti juga solusi buat ini gimana. Soalnya kalo di renovasi juga seakan-akan menghilangkan nilai historis. Tapi, kalo gak di renovasi, time by time bangunannya malah ilang dan terkesan ghosty. Nah pas kemaren itu ada suatu hal yang berbeza. Soalnya ada salah satu bangunan yang ilang, maksutnya ga ilang bin ajaib juga. Tapi emang pas waktu dulu bangunannya udah rusak. Dan sekarang lagi kayak dibatasin pake genteng seng gitu. Nah ga tau mau diapain tu.

Nah kalo bangunannya keurus gini kan mantap

Tips buat ke sini sih ya pake outfit yang nyaman maksutnya tu ga usah lebay, pake yang simple aja lah dan pake alas kaki yang enak buat jalan-jalan. Soalnya, maneman banget kalo gak explore more Old City yang luas ini dan cuma di sekitaran gereja Blenduk aja. Gue aja sampe ga mudeng sama tiap gang nya. Tapi justru seru, soalnya explore nya cenderung random. Nyesel banget gue, soalnya gue nggaya gak pake kaos kaki segala. Lecet dah. Jadi gak sampe ke sono-sono.

Otw nyeker. Btw jalannya pas sepi, epic banget yha

Tampilan Edgy yang dinaungi rasa lega sehabis perih

Oh ea. Hehe. Ada tips ni. Sebenernya foto di atas itu miring :'' dan engga banget miringnya. Mungkin mimi rada ndredeg motonya, soalnya perut kita emang belum keisi. Makan Bang!! Eh udah ga jaman itu ya. Tapi, kids jaman now mah udah canggih dong. Lo bisa pake fiturnya VSCO yang straighten.

Btw, dengan nulis gini gue jadi searching di embah google. Ternyata bangunan-bangunannya tu dibangun pas zaman Belanda tahun 1700an. Nah lama banget. Such a pity kan kalo ga dijaga? Cinta aja dijaga.

Sok candid kalo ini mah

Bonus aja foto itu yha. Hehe, oh iya, kenawhy judulnya I'm in Netherland. Napa hayo kenapa. Bcz, dengan bentuk bangunannya yang bergaya Eropa dan dibangun pas zaman Belanda, Old city tu juga punya nama lain "Little Netherlands"


bottom of page